Laman

Senin, 27 September 2010

Meningkatkan Ranking Alexa

Selama ini aku ga begitu tahu dan juga ga peduli dengan apa itu Alexa, apalagi meningkatkan ranking Alexa. Yang aku tahu bahwa widget Alexa sering ada di suatu blog dengan angka tertentu yang menunjukkan peringkat dan popularitas blog itu di mata Alexa. Aku pikir itu pasti sama dengan widget technorati, mypagerank ataupun google pagerank. Jadi bagi aku jika pasang salah satu widget itu saja udah cukup untuk info bagi pengunjung blog aku tentang popularitas blog ini. Nah, saat aku sedang mencari iklan review di ReviewMu, ternyata advertiser selalu mencantumkan kriteria tentang Alexa rank. Aku kemudian berpikir bahwa Alexa ini merupakan standar yang sering dipakai untuk menilai popularitas suatu blog, paling tidak di ReviewMu. Semakin bagus peringkatnya maka semakin tinggi pula potensi nilai komersil dari blog itu.


Kemarin, secara tak sengaja, aku baca postingan bang Zalukhu berjudul mitos meningkatkan ranking Alexa. Wah pas banget dengan apa yang aku pikirkan beberapa hari ini. Nah berikut ini aku rangkumkan tentang cara meningkatkan ranking Alexa sebuah blog.
1. Pasang widget Alexa. Dengan memasang widget Alexa di blog maka otomatis penghitungan pengunjung blog akan tercatat di database Alexa. Hal ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan ranking Alexa blog kita. (sayangnya blog gratis aku di wordpress.com ga bisa dipasang widget ini…)
2. Pasang Alexa toolbar. Hal ini berlaku jika kita mengakses internet dari komputer pribadi. Dengan memasang Alexa toolbar di browser dengan halaman web/blog kita sebagai homepagenya akan sangat berguna untuk meningkatkan ranking Alexa. Alexa toolbar untuk internet explorer ada disini, sedangkan untuk firefox ada disini.
3. Posting tulisan mengenai Alexa. Saat ini minat para blogger untuk mengetahui tips-tips terbaru tentang Alexa masih tinggi. Nah, kalo kita posting tulisan mengenai cara meningkatkan ranking Alexa, tentunya pengunjung blog kita akan bertambah dari mereka yang pengen tahu tentang cara meningkatkan ranking Alexa. Dari situ kita bisa menaikkan ranking Alexa blog kita.
4. Tingkatkan pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung maka peringkat Alexa akan semakin baik.
Ok, ayo kita praktekkan tips di atas dan melihat perubahan peringkat blog kita di Alexa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar